breaking news New

Tips dan Trik Merawat Oli Mobil Sigra Hingga Radiatornya

gambar tersebut menyebutkan tentang tips dan trik merawat oli mobil sigra gambar tersebut menyebutkan tentang tips dan trik merawat oli mobil sigra

Tips dan Trik Merawat Oli Mobil Sigra Hingga Radiatornya

Dari sekedar perawatan oli mobil Sigra hingga pentingnya perawatan radiator. Cek tips dan triknya. Hal penting bagi kinerja Sigra adalah merawat oli mobil Sigra secara berkala. Perawatan berkala adalah kunci performa mesin mobil LCGC. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal penting perawatan mobil Sigra dan mobil LCGC lainnya. Tujuannya menghindari biaya kepemilikan yang melebihi harga mobil.

Salah satu pertimbangan utama memilih Sigra tentu saja adalah harga yang terjangkau. Akan tetapi mobil LCGC cenderung membutuhkan perawatan berkala. Oleh sebab itu, ada beberapa tips dan trik perawatan mobil untuk Sigra dan mobil LCGC sejenis.

  1. 1. Perawatan oli mobil

Performa mesin dan tarikan Sigra jadi taruhannya jika Anda jarang melakukan pergantian oli.

Oli adalah kunci performa mobil Sigra. Anda perlu mengganti oli saat perjalanan sudah di angka 1.000 Km atau kelipatannya. Alternatif lain adalah memakai jadwal kalender. Contoh idealnya, setiap bulan dilakukan penggantian oli.

Oli mesin juga jangan sampai liput dari perhatian Anda. Lakukan penggantian oli mesin setiap 3.000 hingga 5.000 Km perjalanan.

Satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah spesifikasi oli harus sesuai dengan spesifikasi mesin. Beberapa pemilik Sigra punya kecenderungan memakai oli mobil Alya untuk Sigra. Hindari kesalahan semacam ini.

Oli mobil Sigra yang tepat berspesifikasi 0W-20. Sebisa mungkin, kurangi pemakaian oli berspesifikasi 5W-30. Perbedaan spesifikasi oli tersebut berhubungan langsung dengan kapasitas mesin. Para pengguna mobil LCGC kembar Sigra-Ayla punya kecenderungan menukar spesifikasi oli.

Sigra yang seharusnya mendapat oli 0W-20 mendapatkan oli 5W-30. Sebaliknya, Ayla yang seharusnya mendapat oli 5W-30 malah mendapat oli 0W-20. Padahal oli 0W-20 seharusnya dipakai untuk mesin berkapasitas 1.200 cc dengan mesin DOHC dan dual VVT-I (Variable Valve Timing with Intelligent).

  1. Perawatan radiator

Selain perawatan oli, perawatan air radiator juga perlu diperhatikan. Menjaga suhu mesin merupakan hal penting demi mempertahankan performa mesin.

Saat mengisi air radiator, usahakan tidak menggunakan air keran. Pemakaian air keran sebagai air radiator berisiko membentuk penumpukan oksidasi di saluran radiator. Saat terjadi penumpukan berarti akan segera terjadi penyumbatan saluran air. Efeknya mesin berisiko overheat.

Perawatan jangka panjang komponen radiator adalah menguras. Tindakan menguras radiator bisa dilakukan setiap 2-3 tahun sekali. Tujuan pengurasan adalah menjaga performa radiator. Gunakan bengkel mobil kepercayaan Anda. Atau serahkan kepada servis radiator yang kompeten. Karena pengurasan perlu mekanik terlatih.

Anda dapat melakukan deteksi apakah radiator sudah waktunya dikuras atau belum. Apabila mobil Sigra Anda terasa overheat, lalu lampu indicator check engine menyala, dan lampu indikator maka itulah tanda bagi Anda untuk melakukan pengurasan.

  1. Perawatan filter udara

Sigra adalah mobil LCGC yang umum untuk pemakaian sehari-hari. Sebuah mobil jika digunakan untuk pemakaian sehari-hari berarti membutuhkan perawatan rutin.

Filter udara Sigra merupakan komponen yang terkesan sepel tapi tidak kalah penting fungsinya dengan oli mobil Sigra. Saat filter udara kotor, ruang pembakaran secara otomatis akan terganggu. Berarti kinerja mesin akan turun drastis.

Tatkala performa mesin turun, pemilik mobil cenderung memaklumi karena beranggapan mobil LCGC memiliki performa yang cepat turun.

Padahal masalah utamanya ada di pemilik mobil yang tidak mau merawat mobilnya. Kejadian seperti itu sering dijumpai di para pengguna mobil LCGC. Utamanya saat filter udara mobil sangat kotor sekali.

Merawat dan menjaga filter udara sama pentingnya dengan merawat dan menjaga oli. Jangan sampai lupa, ya. Sebab, mobil yang jarang dirawat menyebabkan timbulnya masalah pada bagian mesin, termasuk penggantian oli secara teratur.

Pasalnya, mobil Daihatsu Sigra ini bisa saja mengalami turun mesin karena jarang dilakukan penggantian oli. Akibatnya, kaki-kaki mesin mobil mengalami aus. Jika dibiarkan tentu akan menyebabkan overheat hingga turun mesin.

Itulah tips dan trik perawatan oli mobil Sigra, filter, dan radiatornya. Harap selalu diingat bahwa mobil LCGC mudah sekali mengalami kerusakan. Oleh sebab itu penting bagi Anda merawat dan menjaga kinerja mesin LCGC merek apa pun.